FEB
24

Cybernetic Fest Perdana Digelar Informatika UHW Perbanas

Sabtu, 24 Februari 2024     Dilihat: 1717


Sistem keamanan siber menjadi sorotan akhir-akhir ini. Bukan terhadap company saja, setiap orang yang memilki data digital perlu mengamankannya agar terhindar dari serangan siber? Lantas, bagaimana cara dan kiat untuk menjaga keamanan siber yang direkomendasikan untuk para penggunanya?


Menjawab tantangan itu, program studi Sarjana Informatika Universitas Hayam Wuruk Perbanas menggelar seminar tentang Keamanan Siber dan Kecerdasan Buatan di Era Modern, pada Sabtu (24/2). Bertempat di Auditorium Lantai 10 Kampus Wonorejo, kegiatan ini merupakan acara perdana dari Program Cybernetic Fest tahun 2024 yang diinisiasi oleh Komunitas Mahasiswa dan Prodi Informatika UHW Perbanas.


Ketua Informatic Cybernetic UHW Perbanas, Muhammad Zainuddin mengatakan acara ini merupakan manifestasi, dedikasi, dan semangat para mahasiswa informatika dalam mengeksplorasi serta memahami lebih dalam terkait keamanan siber dan kecerdasan buatan. Pasalnya, keduanya menjadi topik yang kritis dan sangat relevan di era digital saat ini. 


“Perkembangan teknologi khususnya dalam kecerdasan buatan membawa banyak perubahan cara kita hidup, bekerja, dan berinteraksi. Namun bersamaan dengan kemajuan itu, kita juga dihadapkan oleh tantangan keamanan siber yang semakin kompleks dan dinamis,” ungkap Zainuddin.
Lantas, menurut Gaguk Supriyanto, selaku pemateri seminar, selama tahun 2023 ini ada banyak jenis serangan digital muncul. Adapun serangan itu, meliputi: Ransomware, Phising, Endpoint Devices, MITM Attack, IoT, dan Cloud Security. 


Pihaknya pun memberikan saran dan kiat bagi pengguna data digital untuk melakukan pencegahan kejahatan siber. Beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu: hati-hati membuka email attachment; security training/awareness; hati-hati post it note; password strong/ unik; screen autolock/autolockoff; dan Auto Update Patch atau Apps Original. 


”Misalnya dalam pembuatan password, kita harus buat yang strong, yaitu dengan mengkombinasikan angka, huruf, dan karakter/simbol. Meski nanti kita sulit mengingatnya, namun itu salah satu cara juga untuk mengamankan asset-aset digital yang kita miliki,” saran Gaguk kepada pemilik asset digital. (eko/hms)

The Leading Business and Banking School

Kampus Wonorejo : Jl. Wonorejo Utara 16 Rungkut, Surabaya
Kampus Nginden    : Jl. Nginden Semolo 34-36, Surabaya

Telp. (031) 5947151, (031) 5947152, (031) 87863997
Fax. (031)-87862621 WhatsApp (chat) 
085895979800
Email: [email protected] atau [email protected]

Ikuti Kami:

Whatsapp
Instagram
Youtube
Facebook
Website
Twitter


Dapatkan Informasi Disini