NOV
13

Tim Dosen UHW Perbanas Dipercaya Bina 2 UMKM untuk Naik Kelas

Senin, 13 November 2023     Dilihat: 1456

Universitas Hayam Wuruk Perbanas menerima Hibah Program Pembinaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Berbasis Kemitraan pada tahun 2023. Perolehan ini tidak terlepas dari peran UHW Perbanas yang rutin memberikan pendampingan kepada UMKM di Kota Surabaya dan sekitarnya. Pendampingan UMKM ini diterapkan melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dijalankan oleh para dosen maupun mahasiswa.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarkat (PPPM) UHW Perbanas, Dr. Muazaroh, S.E., M.T., mengatakan saat ini UHW Perbanas diberi kepercayaan oleh Dirjen Dikti untuk membina 2 UMKM di Kota Surabaya. “Pertama UMKM Dessert and Chill yang berlokasi di Semolowaru. Kemudian yang kedua, Ar-Roya Catering and Cake di Rusunawa Wonorejo,” jelasnya. 

Lanjut Muazaroh, setiap UMKM yang dibina memiliki perlakuan yang berbeda sesuai dengan permasalahannya. Misal kurangnya kapasitas produksi, keterbatasan pemasaran, hingga pengelolaan yang masih seadanya dijalankan oleh UMKM Dessert and Chill.

Sementara, UMKM Ar-Roya Catering and Cake juga belum paham terkait produk healthy food yang mencakup variasi makanan, kategori healthy food, komposisi bahan, pemrosesan, pengemasan dan penyimpanan. Bahkan, pengelolaan informasi dan pemasaran produk juga tidak tersentuh dengan baik.

”Berbagai pemasalahan UMKM itu, kami memberikan solusi melalui aktivitas pembinaan yang berlangsung kurang lebih selama 2 bulan. Solusi yang ditawarkan, meliputi: pelatihan peningkatan kapasitas UMKM, penyediaan sarana dan prasarana produksi, pengembangan pemasaran secara digital, hingga pengelolaan UMKM yang terintegrasi dengan aplikasi E-Business,” rincinya. 

Pihaknya pun berharap, akhir dari kegiatan pembinaan tersebut bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas UMKM dalam menjalankan usaha. Dampaknya, tercipta kreativitas dan inovasi dari masyarakat yang menjalankan bisnis di sektor UMKM sehingga didukung oleh dinas terkait. 

”Setelah pembinaan yang diberikan tim dosen UHW Perbanas untuk 2 UMKM tersebut, nantinya mereka bisa naik kelas. Semula yang dikelola seadanya, ke depan sudah bisa memanfaatkan sistem yang kami ciptakan dan dikelola sesuai standar operasional untuk mencapai profit maksimal,” harapnya. (eko/humas)
 

The Leading Business and Banking School

Kampus Wonorejo : Jl. Wonorejo Utara 16 Rungkut, Surabaya
Kampus Nginden    : Jl. Nginden Semolo 34-36, Surabaya

Telp. (031) 5947151, (031) 5947152, (031) 87863997
Fax. (031)-87862621 WhatsApp (chat) 
085895979800
Email: [email protected] atau [email protected]

Ikuti Kami:

Whatsapp
Instagram
Youtube
Facebook
Website
Twitter


Dapatkan Informasi Disini