Program Studi Desain Komunikasi Visual

AGU
18

Artjog 2022: Pengalaman Baru Bagi Mahasiswa DKV

Kamis, 18 Agustus 2022     Dilihat: 4085

Pada Rabu (3/08/2022) mahasiswa prodi S1 DKV Universitas Hayam Wuruk Perbanas bergegas untuk berangkat bersama  mendatangi acara pameran dan festival seni kontemporer yaitu “Artjog 2022”. Pameran dan Festival seni ini berlangsung di Jogja Nasional Museum, mulai dari 7 Juli 2022 hingga 4 September 2022. Mahasiswa prodi DKV angkatan 2021 berinisiatif untuk berkunjung ke Artjog sebagai bentuk mengisi pekan libur semester genap yang berlangsung hingga 1,5 bulan lamanya, setelah melaksanakan ujian akhir semester di pekan sebelumnya dengan banyaknya tugas prakarya yang telah berhasil diselesaikan. Kunjungan pada pemeran dan festival seni seperti ini dianggap oleh sebagian mahasiswa merupakan bentuk ‘healing edukatif’ yang dapat memberikan relaksasi bagi mahasiswa juga menambah kepekaan serta pengalaman visual, sebagai mahasiswa desain.

Ada yang spesial pada Artjog 2022 kali ini yang mengedepankan inklusivitas dengan Tema Expanding Awareness, pasca 2 tahun tertahan untuk tidak diselenggarakan dengan format luring (offline even) akibat adanya Pandemi Covid 19. Dilansir dari Kemenparekraf, menurut Gading Paksi selaku Direktur Artjog, acara ini merupakan ajang “temu kangen” diantara para seniman, karya seni, serta para penikmatnya dalam suatu ruang festival. “Selain itu Artjog dibuka untuk semua kalangan, siapapun bisa hadir untuk memeriahkan festival seni, karena Artjog merupakan ruang Inklusif yang terbuka untuk semua kalangan,” tutur Gading.

Momen terkendalanya Artjog diakibatkan Pandemi Covid 19, jumlah partisipasi seniman dalam Artjog 2022 lebih banyak daripada tahun-tahun sebelumnya. Sehingga dalam Artjog 2022 para penikmat karya seni, baik seni rupa dan seni kontemporer akan disuguhkan oleh beragam karya yang lebih berkualitas juga kian variatif. Menurut Gading, seleksi karya seni yang masuk dalam Artjog 2022 tahun ini lebih sulit, karena keikutsertaan mencapai 61 seniman yang terdiri dari berbagai grup dan instansi, hingga kurang lebih ada 200 karya seni yang dipamerkan dalam Artjog 2022.

Menurut salah satu mahasiswa DKV, Clarissa Janice Norjanto, Artjog ini, jujur membuka mata saya tentang dunia seni dan dunia karya, karena seperti yg saya ketahui karya dan seni itu biasanya hanya melalui canvas, kertas, atau pantung dan intalansi saja, tetapi setelah berkunjung di artjog ini saya meilhat bahwa karya tidak hanya bisa diekspresikan melalui media tsb itu saja, bahkan dapat digabungkan  dengan media yang bahkan diluar batas wajar (out of the box). Seni juga mengajarkan saya bahwa seni itu tidak pandang umur, gender, status sosial dll, tidak hanya itu, setelah dari Artjog saya juga sadar bahwa sebuah seni itu merupakan sebuah komunikasi dan bukan hanya tentang estetika belaka saja, dan bahkan terkadang keindahan bisa menjadi nomer sekian dalam sebuah karya. Saya juga sadar bahwa sebuah estetika dapat tercipta dari suatu hal yang tidak estetik, yang dimana jika digabungkan itu dapat menjadi karya yang luar biasa, tutur Clarissa.

Kehadiran Artjog 2022 dapat memberikan dampak terhadap apresiasi kepada seniman, yang telah diberi ruang untuk mempresentasikan karya-karyanya, dan dapat dipertemukan dengan para penikmat seni yang turut hadir memeriahkan acara tersebut. Menurut Nanang Setiyoko, S.Pd., M.A., salah satu dosen prodi DKV – UHW Perbanas, partisipasi dalam kegiatan pameran dan fesitval seni seperti Artjog akan memberikan dampak positif kepada mahasiswa dalam berkarya, selain itu memiliki relevansi kepada mahasiswa desain yang berperan sebagai pelaku seni yang masih aktif dalam berkarya dapat dijadikan referensi serta pengalaman visual berharga bagi mereka. (miftaadi/dkv)

The Leading Business and Banking School

Kampus Wonorejo : Jl. Wonorejo Utara 16 Rungkut, Surabaya
Kampus Nginden    : Jl. Nginden Semolo 34-36, Surabaya

Telp. (031) 5947151, (031) 5947152, (031) 87863997
Fax. (031)-87862621 WhatsApp (chat) 
085895979800
Email: [email protected] atau [email protected]

Ikuti Kami:

Whatsapp
Instagram
Youtube
Facebook
Website
Twitter


Dapatkan Informasi Disini