SEP
08

Sukseskan Program SMK-PK, Diploma 3 UHW Perbanas Dampingi SMK Wahid Hasyim Glagah Lamongan

Rabu, 08 September 2021     Dilihat: 6422

Program Diploma 3 Universitas Hayam Wuruk Perbanas melakukan pendampingan kepada SMK Wahid Hasyim Glagah Lamongan. Berlangsung pada Rabu-Kamis, (8-9/9), kegiatan yang dikemas dalam bentuk workshop ini diadakan secara luring dan daring guna meningkatkan mutu sekolah. Kegitan tersebut direalisasikan melalui Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK-PK) tahun 2021 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek). 

Rektor UHW Perbanas, Dr. Yudi Sutaro, S.E.., M.Si., menjelaskan program dari Kemdikbudristek ini hanya menunjuk 146 perguruan tinggi se-Indonesia. Di Jawa Timur, ada 19 kampus yang bertugas untuk mendampingi SMK terpilih Program SMK-PK, salah satunya Universitas Hayam Wuruk Perbanas yang semula bernama STIE Perbanas Surabaya. Kemudian, sektor prioritas dan kompetensi yang diunggulkan, meliputi: Ekonomi Kreatif, Hospitality, Kerja sama Luar Negeri, Permesinan dan Konstruksi, Pekerja Migran, dan bidang lainnya. 

Pihaknya pun turut terima kasih karena diberikan amanah untuk mendampingi SMK Wahid Hasyim Glagah Lamongan agar menjadi SMK Pusat Unggulan di wilayah tersebut. "Ini adalah bagian dari visi kami untuk memberikan manfaat kepada pihak lain (sekolah). Mudah-mudahan kegiatan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan mutu sekolah dan kualitas lulusannya serta capaian program SMK Pusat Keunggulan ini terwujud," jelasnya. 

Lantas, Ketua Program Diploma 3 UHW Perbanas, Dr. Kautsar Riza Salman, S.E., M.SA., menambahkan aktivitas ini dimulai berkoordinasi bersama pihak sekolah dalam rangka pendampingan pemenuhan 8 standar nasional pendidikan dan implementasi link and match dengan dunia kerja. "Kami juga adakan In House Training secara offline maupun online. Seperti yang kami jalankan sekarang, yakni memberikan pelatihan kepada kepala sekolah dan guru SMK Wahid Hasyim Glagah," tambahnya. 

Lanjut Kautsar, materi pelatihan pun beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Materinya berfokus pada penyusunan perencanaan, pengelolaan, hingga pengembangan SMK termasuk pemanfaatan teknologi informasi dan digital. Di antaranya: Penyusunan Program 2021 dan Revisi Peta Jalan, Pengembangan Platform Teknologi, Training Update Teknologi Google Form dan iSpring, Penguatan Budaya Kerja, Penguatan Karakter, Penelusuran Tamatan, dan penjajakan kerja sama Dunia Kerja Dunia Industri (DUDI). "Semua materi itu diberikan oleh narasumber dari Universitas Hayam Wuruk Perbanas. Pematerinya juga berkolaborasi dari pihak DUDIKA PT. Bina Menara Internusa (BMI) dan Pengawas sekolah," jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMK Wahid Hasyim Glagah Lamongan, H. Abdul Matin, S.Pd.I., menyambut baik program SMK PK ini diterapkan di sekolahnya. Target  SMK Wahid Hasyim Glagah nanti adalah menjadikan SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai pusat keunggulan, peningkatan kualitas, dan rujukan bagi SMK lainnya. "Saya berharap workshop yang dilaksanakan ini menjadi wahana interaksi yang positif baik dari pihak civitas akademika maupun narasumber sehingga menjalin silaturahmi yang erat di segala unsur," harap Abdul Matin. (eko/hms)

 

The Leading Business and Banking School

Kampus Wonorejo : Jl. Wonorejo Utara 16 Rungkut, Surabaya
Kampus Nginden    : Jl. Nginden Semolo 34-36, Surabaya

Telp. (031) 5947151, (031) 5947152, (031) 87863997
Fax. (031)-87862621 WhatsApp (chat) 
085895979800
Email: [email protected] atau [email protected]

Ikuti Kami:

Whatsapp
Instagram
Youtube
Facebook
Website
Twitter


Dapatkan Informasi Disini